Minggu, 05 Oktober 2014

Unit Rawat Inap Kebidanan

PONED PANTAS (Peduli Antusias Tanggap dan Sukseskan) GASAK (Galakkan Asi Eksklusif) PROGRAM 10 LMKM

Dimana semua pelayanan yang kami berikan mengacu dan berpedoman pada program 10 LMKM. Sebagai salah satu upaya dalam percepatan penurunan AKI dan AKB. Dengan data yang kita ketahui bahwa Prov.JATIM sebagai penyumbang no 2 dari AKI dan AKB di Indonesia, yang tentunya Kab.Jombang termasuk di dalamnya. Maka dengan mengingat hal ini maka dengan ditetapkannya Peraturan Bupati no 10 thn 2012 Tentang Peningkatan Pemberian ASI. Maka selaku kepala puskesmas Blimbing Gudo dengan tegas mengambil kebijakan tentang acuan. Di dalam memberikan pelayanan di PONED khususnya HARUS DAN WAJIB mengedepankan upaya-upaya yang dapat menyukseskan penurunan AKI DAN AKB di Kab.Jombang dengan ditetapkannya beberapa Surat Keputusan antara lain:
  1. SK KA PUSKESMAS BLIMBING GUDO NO 821.20/788/415.25/2014 TENTANG PELAKSANAAN IMD DI TEMPAT PELAYANAN PONED
  2. SK KA PUSKESMAS BLIMBING GUDO NO.821.20/784/415.25/2014 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF 
  3. SK KA PUSKESMAS BLIMBING GUDO NO.821.20/753/415.25/2014 TENTANG PEDOMAN RAWAT GABUNG IBU DAN BAYI 
  4. SK KA PUSKESMAS BLIMBING GUDO NO 821.20/789/415.25/2014 TENTANG   PEMBERI PELAYAN DI PONED SEBAGAI KONSELOR DAN MOTIVASI ASI
Adapun SOP yang khusus mendukung program 10 LMKM sebagai protap kami dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat luas tanpa diskriminasi antara lain:
  1. Tekhnik menyusui yang baik dan benar
  2. Memerah ASI dan penyimpanannya
  3. Perawatan payudara
  4. Masalah menyusui bendungan ASI
  5. Masalah menyusui puting lecet
  6. Masalah menyusui puting datar dan terbenam
  7. Masalah menyusui IMD
  8. Masalah menyusui rawat gabung
  9. Asuhan sayang ibu
Demi menunjang kebijakan KA PUSKESMAS maka PONED PANTAS GASAK 10 LMKM PKM BLIMBING GUDO, mempunyai fasilitas sebagai berikut :

1. STATION MIDWIFE 

Dengan sebutan ini kami menyebut tempat kami mengerjakan administrasi setelah kami memberikan pelayanan, dengan fasilitas:
  • Satu set komputer
  • Protap2 penanganan rujukan kasus kegawatdaruratan yang terpampang dan dapat terbaca oleh petugas setiap saat sebagai sarana pembelajaran






2. RUANG VK
Kami membuat ruang bersalin yang kami miliki jadi senyaman mungkin bagi ibu bersalin di tempat kami, dengan ruang ber-AC, kamar mandi dalam, ruangan yang tertata rapi dan bersih. Sangat mendukung dalam kelangsungan proses bersalin dengan menciptakan rasa nyaman dan aman yang kami berikan tentu berpengaruh terhadap psikologis ibu bersalin dalam menjalain proses persalinannya.
Dengan pedoman pelayanan sayang ibu dalam PONED kami petugas siap setiap waktu mendengarkan keluhan dan mendampingi ibu yang akan bersalin dengan penuh kesabaran. Kami petugas juga siap siaga dan secara profesional memberikan pertolongan kegawatdaruratan obstetri dengan sarana dan prasarana yang memadahi dan siap pakai di ruang bersalin kami.





3. RUANG NIVAS
Dengan 4 bed yang kami punya, kami merasa ruang ini merupakan kebanggaan kami bisa melihat, membantu, menggiring/menghantar ibu2 pasca salin dengan penuh percaya diri, penuh kasih, penuh perhatian dalam memberikan perawatan dan ASI eksklusif pada bayinya.
Dengan sistem rawat gabung total yang kami terapkan, besar harapan kami semua ibu pasca bersalin yang keluar dari tempat kami tetap dapat memegang komitmen dalam memberikan ASI eksklusuf sampai bayi umur 6 bulan, yang pastinya kegiatan ini akan dilanjutkan dan dipantau secara berkelanjutan di desa masing-masing karena sudah terbentuknya KP ASI di wilker PKM BLIMBING GUDO, sebagai wujud kerjasama lintas sektor dalam menyukseskan program 10 LMKM. 


PONED PANTAS GASAK10 LMKM JUGA MEMILIKI KEGIATAN YANG MENDUKUNG LANGSUNG PROGRAM INI, ANTARA LAIN SEBAGAI BERIKUT:

1. Sistem informasi lanjutan bagi ibu bersalin
Kami menyediakan kartu konseling yang diberikan pada setiap ibu pasca salin yang pulang, yang diikuti oleh semua bidan desa di wilker PKM BLINBING GUDO sebagi tombak utama pemberi pelayanan kesehatan di masyarakat luas. Dengan kartu ini semua ibu pasca salin dapat setiap saat mendapatkan informasi yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif dan perawatan bayi.
Kami juga menyediakan leaflet sebagai alat informasi, antara lain:
a. Kumpulan leaflet
  • Leaflet ASI eksklusif
  • Leaflet IMD

b.Pemasangan poster-poster tentang :
  • 10 LMKM
  • ASI eksklusif
  • Posisi meneteki yang benar
  • Masalah-masalah dan penanganan dalam menyusui
  • Menolak SuFor

2. Pelatihan-pelatihan
a. Konselor dan motivator ASI
Sasaran bagi semua bidan pemberi pelayanan dan bagi kader wilker PKM BLIMBING GUDO


b. Kelas bidan
Kegiatan ini kami lakukan secara rutin dan berkala sebagai wahana refresing dan  belajar bersama bagi para petugas demi suksesnya 10 LMKM, selain materi kegawatdaruratan obstetri, kami juga tekankan tentang :
  • Kegiatan IMD sebagai langkah awal penentu keberhasilan pemberian ASI eksklusif
  • Tehnik pelaksanaan rawat gabung total
  • Tehnik komunikasi 
  • Penanganan dalam permasalahan menyusui


Dengan semua kegiatan yang telah kami lakukan, kami dapat berikan gambaran hasil kunjungan PONED kami yang terbilang baru mulai belajar, karena PONED kami baru berdiri tanggak 24 Oktober 2013

1. Grafik kunjungan pasien PONED
 
2. Hasil dari pelayanan yang kami berikan dari bulan Januari Sampai bulan September, sebagai berikut : 
a. Pelayanan Ibu















4 komentar:

  1. bagus banget,sy tertarik sama fisualisasi datanya,jempol dech

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kalau boleh tau untuk penataan ruang bersalin referensinya dari mana ya?

    BalasHapus